Selasa, 06 Mei 2008

Oleh dolfis

Trik agar win XP home join ke domain server

Windows XP home edition hanya menyediakan utility utk jaringan workgroup biasa tidak untuk domain, maka dengan sedikit trik kita bisa mennembus server dan bisa menjadikan pc client XP home edition kita menikmati aplikasi aplikasi dan hardware yg terkoneksi pada domain server sebagaimana windows versi lainya ..: ). untuk mengetahui trik trik nya silahkan download artikel ini : )

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
yusman-xphomejoindomain.zip

10 Tips Wireless Security

Jaringan nirkabel atau yang sering disebut dengan wireless network cukup mudah untuk di set up, dan juga terasa sangat nyaman, terutama jika kita menginginkan agar bisa berjalan jalan keliling rumah atau kantor dengan komputer portable tetapi tetap bisa tetap mengakses jaringan internet. Namun, karena wireless menggunakan gelombang, maka akan lebih mudah untuk di-hack daripada koneksi yang menggunakan kabel. Ada beberapa tips disini untuk mengamankan wireless network.


Adapun langkah langkahnya sebagai berikut

Memakai Enkripsi. Enkripsi adalah ukuran security yang pertama, tetapi banyak wireless access points (WAPs) tidak menggunakan enkripsi sebagai defaultnya. Meskipun banyak WAP telah memiliki Wired Equivalent Privacy (WEP) protocol, tetapi secara default tidak diaktifkan. WEP memang mempunyai beberapa lubang di securitynya, dan seorang hacker yang berpengalaman pasti dapat membukanya, tetapi itu masih tetap lebih baik daripada tidak ada enkripsi sama sekali. Pastikan untuk men-set metode WEP authentication dengan “shared key” daripada “open system”. Untuk “open system”, dia tidak meng-encrypt data, tetapi hanya melakukan otentifikasi client. Ubah WEP key sesering mungkin, dan pakai 128-bit WEP dibandingkan dengan yang 40-bit.

Gunakan Enkripsi yang Kuat. Karena kelemahan kelemahan yang ada di WEP, maka dianjurkan untuk menggunakan Wi-Fi Protected Access (WPA) juga. Untuk memakai WPA, WAP harus men-supportnya. Sisi client juga harus dapat men-support WPA tsb.
Ganti Default Password Administrator. Kebanyakan pabrik menggunakan password administrasi yang sama untuk semua WAP produk mereka. Default password tersebut umumnya sudah diketahui oleh para hacker, yang nantinya dapat menggunakannya untuk merubah setting di WAP anda. Hal pertama yang harus dilakukan dalam konfigurasi WAP adalah mengganti password default tsb. Gunakan paling tidak 8 karakter, kombinasi antara huruf dan angka, dan tidak menggunakan kata kata yang ada dalam kamus.

Matikan SSID Broadcasting. Service Set Identifier (SSID) adalah nama dari wireless network kita. Secara default, SSID dari WAP akan di broadcast. Hal ini akan membuat user mudah untuk menemukan network tsb, karena SSID akan muncul dalam daftar available networks yang ada pada wireless client. Jika SSID dimatikan, user harus mengetahui lebih dahulu SSID-nya agak dapat terkoneksi dengan network tsb.

Matikan WAP Saat Tidak Dipakai. Cara yang satu ini kelihatannya sangat simpel, tetapi beberapa perusahaan atau individual melakukannya. Jika kita mempunyai user yang hanya terkoneksi pada saat saat tertentu saja, tidak ada alasan untuk menjalankan wireless network setiap saat dan menyediakan kesempatan bagi intruder untuk melaksanakan niat jahatnya. Kita dapat mematikan access point pada saat tidak dipakai.



Ubah default SSID. Pabrik menyediakan default SSID. Kegunaan dari mematikan broadcast SSID adalah untuk mencegah orang lain tahu nama dari network kita, tetapi jika masih memakai default SSID, tidak akan sulit untuk menerka SSID dari network kita.


Memakai MAC Filtering. Kebanyakan WAP (bukan yang murah murah tentunya) akan memperbolehkan kita memakai filter media access control (MAC). Ini artinya kita dapat membuat “white list” dari computer computer yang boleh mengakses wireless network kita, berdasarkan dari MAC atau alamat fisik yang ada di network card masing masing pc. Koneksi dari MAC yang tidak ada dalam list akan ditolak. Metode ini tidak selamanya aman, karena masih mungkin bagi seorang hacker melakukan sniffing paket yang kita transmit via wireless network dan mendapatkan MAC address yang valid dari salah satu user, dan kemudian menggunakannya untuk melakukan spoof. Tetapi MAC filtering akan membuat kesulitan seorang intruder yang masih belum jago jago banget.

Mengisolasi Wireless Network dari LAN. Untuk memproteksi internal network kabel dari ancaman yang datang dari wireless network, perlu kiranya dibuat wireless DMZ atau perimeter network yang mengisolasi dari LAN. Artinya adalah memasang firewall antara wireless network dan LAN. Dan untuk wireless client yang membutuhkan akses ke internal network, dia haruslah melakukan otentifikasi dahulu dengan RAS server atau menggunakan VPN. Hal ini menyediakan extra layer untuk proteksi.
Mengontrol Signal Wireless. 802.11b WAP memancarkan gelombang sampai dengan kira kira 300 feet. Tetapi jarak ini dapat ditambahkan dengan cara mengganti antenna dengan yang lebih bagus. Dengan memakai high gain antena, kita bisa mendapatkan jarak yang lebih jauh. Directional antenna akan memancarkan sinyal ke arah tertentu, dan pancarannya tidak melingkar seperti yang terjadi di antenna omnidirectional yang biasanya terdapat pada paket WAP setandard. Selain itu, dengan memilih antena yang sesuai, kita dapat mengontrol jarak sinyal dan arahnya untuk melindungi diri dari intruder. Sebagai tambahan, ada beberapa WAP yang bisa di setting kekuatan sinyal dan arahnya melalui config WAP tsb.

Memancarkan Gelombang pada Frequensi yang Berbeda. Salah satu cara untuk bersembunyi dari hacker yang biasanya memakai teknologi 802.11b/g yang lebih populer adalah dengan memakai 802.11a. Karena 802.11a bekerja pada frekwensi yang berbeda (yaitu di frekwensi 5 GHz), NIC yang di desain untuk bekerja pada teknologi yang populer tidak akan dapat menangkap sinyal tsb.

————————————————————————————————————————————————————————

Tips Mempromosikan Program Affiliate Menggunakan “Cloaking URL”

Bila Anda sedang dan akan mempromosikan program affiliate, biasanya Anda diberikan link affiliate oleh pemilik program affiliate, dan biasanya dalam kode link affiliate tersebut akan terdapat userid Anda. Dalam mempromosikannya kepada orang lain, Anda bisa menyembunyikan website link affiliate Anda dengan menggunakan “Cloaking URL” di http://tinyurl.com, agar calon prospek tidak mengetahui alamat website Program Affiliate yang Anda tawarkan sehingga mereka akan melakukan klik melalui “Cloaking URL” Anda bila mereka tertarik untuk membuka website program affiliate yang Anda tawarkan.

Contoh: Link Affiliate Anda:http://www.bisnisinternetonline.com/?id=angelina0880
Menggunakan Cloaking URL di http://tinyurl.com, menjadi: http://tinyurl.com/2hv6y9

Langkah-langkahnya:
1. Buka http://tinyurl.com
2. Masukkan Link Affiliate Anda pada kotak, kemudian klik “Make TinyURL!”

Jadi, Link yang Anda promosikan dalam email Anda yaitu link yang sudah dicloaking yaitu http://tinyurl.com/2hv6y9

Cara ini biasanya digunakan bila Anda mempromosikan Program Affiliate yang Anda ikuti melalui email langsung kepada networking Anda.

Tingkatkan Dollar Adsense Anda dengan High Paying Keywords

———————————————————————————————————————————————————————

Mendulang Dollar dengan Google Adsense


Google Adsense, program affiliasi untuk bisnis internet yang sangat popular di dunia online saat ini. Semua orang bisa berpartisipasi menjadi pengiklan bagi google dengan syarat mudah dan cepat, cukup dengan menempatkan iklan-iklan google di situs mereka. Dengan metode komisi pay per click (PPC), menghasilkan uang dari google metodenya jauh lebih sederhana dan sangat liquid, beda dengan affiilasi lainnya, yang mengharuskan kita menjual sesuatu baru mendapatkan komisi. Google Adsense telah membawa revolusi baru dalam bisnis internet, pogram ini telah menghasilkan jutawan online tanpa harus mencari investor-investor besar seperti yang biasa dilakukan perusahaan-perusahaan dot com dari Silicon valley.

Apa itu Google Adwords dan Google Adsense,

Sebelum mengenal lebih juga tentang Google Adsense, sedikit terlebih dahulu akan diulas Google Adwords yang merupakan cikal bakal kelahiran Google Adsense. Google Adwords adalah program periklanan yang ditawarkan google kepada para pemilik situs yang ingin mempromosikan situsnya, dengan cara menampilkan link situs pengiklan di hasil pencarian untuk kata kunci (keyword) tertentu.

Contoh : jika kita melakukan pencarian di google dengan kata kunci welding misalnya, maka selain hasil pencarian, di bagian seperempat di sebelah kanan akan muncul Sponsored Link / Pesan Sponsor.
Tentu saja, para pemasang iklan akan dikenakan sejumlah biaya tergantung dari kepopuleran kata kunci yang dipilihnya.
Namun Google menyadari, meskipun dia sekarang ini menjadi search engine nomor satu di dunia, tidak semua pengguna internet di dunia yang memakai google sebagai mesin pencari, sehingga iklan di google adwords, belum mampu menjangkau seluruh pengguna internet, oleh karena itu mereka menawarkan kepada pemilik situs untuk memasang iklan google adwords di situs mereka dengan pola bagi hasil yang disebut Google Adsense . Jika ada seseorang yang mengunjung situs peserta adsense dan mengklik iklan yang ada di situs tersebut, maka pemilik situs akan mendapat komisi dari google, metode pembayaran komisi seperti ini biasa disebut dengan nama pay per click (PPC).

Berapa banyak komisi yang Diterima?

Komisi yang didapatkan tergantung iklan yang ditempatkan di situs kita. Google sendiri akan menempatkan iklan sesuai dengan isi/content situs . Harga Pay per click sendiri ditentukan oleh seberapa mahal kata kunci tersebut dihargai oleh pemasang iklan Adwords, misalnya kata kunci welding mungkin cuma dihargai 0.5 dolar per klik, tetapi kata kunci insurance misalnya bisa dihargai hingga 30 dolar per klik. Kata-kata kunci yang bernilai tinggi inilah yang disebut dengan High Paying Keyword (HPK). Situs-situs dengan topik spesifik untuk kata kunci (keyword) tertentu disebut situs niche. (contoh situs niche http://www.welding-engineering.com/ dengan topic welding).

Bayangkan jika kita bisa membuat situs yang dikunjungi 1000 orang per hari , dan asumsikan ada 10% yang mengklik iklan dengan komisi 1 dolar per klik, maka dalam sehari situs itu sudah menghasilkan 100 dolar/hari atau 3000 dolar per bulan. Lumayan kan, jauh lebih tinggi dari gaji fresh graduate. Seandainya punya 10 situs serupa, hitung aja sendiri penghasilannya. Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa orang yang meraih komisi diatas 10.000 dolar per bulan, yang dapat ribuan dolar sudah banyak, apalagi yang cuma ratusan.

Di Amerika sendiri, banyak yang sudah mendapat ratusan ribu bahkan jutaan dolar, seperti situs plentyoffish. com ( perjodohan) atau digg.com ( berita) atau ezinearticles. com, hebatnya rata-rata situs mereka bukan lahir dari perusahaan-perusahaan besar silicon valley ( seperti yahoo, google, etc), tapi dari rumahan, ya dari rumah dengan modal PC yang terkoneksi ke internet.

Bagaimana cara ikutan Program Google Adsense?

Dari keterangan yang saya sebutkan di atas, tentu saja untuk ikut program ini, yang harus kita punya adalah situs untuk meletakkan iklan, kalau berdagang, situs ibarat toko, dan iklan adalah barang dagangannya. Setelah punya situs dengan topik/niche tertentu (e.g. education, consultant, farm, etc), kita bisa apply di google.com/adsense , lakukan registrasi, kemudian google akan mereview situs kita, jika memenuhi syarat dan diterima, google akan memberikan kode-kode html yang bisa kita masukkan di situs kita. Jadi deh… simple kan…?
Eiits… tunggu dulu, bagaimana kalau yang gak ngerti bikin situs… ? .. jangan khawatir, untuk pemula buat aja blog (kalau ini pasti sudah banyak yang ngerti), blog juga bisa dipasangi adsense. Bagi pemula berikut langkah-langkah membuat blog adsense (prosesnya gak lebih dari sejam):

Tentukan topik blog yang akan dibuat ( misal. self development. music, education. etc).
Buat blog di blogger.com, kenapa harus blogger, karena blogger masih punya google, jadi lebih gampang untuk di approve, jka sudah expert bisa pakai yang lain.

Cari artikel tentang topik yang sudah dipilih, ( cari aja google, banyak, bisa diedit, atau langsung copy paste tapi tentu dengan mencantumkan sumbernya), posting artikel di blog 10-15 posting, kemudian baru melamar untuk ikutan program adsense via situs google.com/adsense

Setelah lamaran diterima, kita dikasih account yang isinya macam2, diantaranya report jumlah klik dan komisi yang kita peroleh, disitu juga kode2 html yang tinggal yang tinggal di copy paste ke situs kita. Untuk di blogger caranya gampang banget, tinggal tambahin page element, kemudian klik add html/javascript, copy-kan adsense kode disitu. Jadi deh.
Remark: untuk waktu approval dari google, tergantung situs, bisa langsung approve, atau sehari malah kadang lebih.

Ada beberapa macam type iklan di google, namun yang umum dipakai adalah adsense for content dan adsense for search .
Ibarat jualan, toko sudah jadi, isi toko sudah ada, sekarang apa?… yah tinggal cari pembeli, ini tahap yang agak berat dan butuh waktu. Percuma kita punya toko tanpa ada yang beli. Yang disebut pembeli yaitu pengunjung situs kita, atau di dunia online umum disebut sebagai traffic. Semakin banyak traffic situs kita, berarti semakin tinggi kemungkinan iklan di klik dan semakin banyak komisi yang kita terima.

Nah untuk hal ini, bagaimana cara meningkatkan traffic ke situs kita secara general ada banyak cara untuk mendapatkan traffic, salah satu contohnya adalah mendapatkan traffic gratis dengan search engine. Contoh kembali lagi ke awal, jika kita mengetikkan kata kunci welding di google, ada lebih dari 30 juta hasil pencarian (gambar 1). Mana yang paling mungkin dibuka para pengunjung? ya halaman terdepan dong. Jika situs kita muncul di halaman pertama akan sangat bagus, halaman kedua atau ketiga masih OK-lah, tapi bagaimana jika di halaman 20?… siapa yang mau liat ..

Tentu semua adsenser ingin situs niche-nya akan muncul di halaman awal di hasil pencarian di google, bagaimana agar situs kita muncul di halaman awal?.. caranya adalah dengan Search Engine Optimization (SEO), apa itu SEO, akan saya lanjutkan di artikel berikutnya.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

adehendra-googleadsense.pdf

—————————————————————————————————————————————————————–

Trik Singkirkan Password Screen Saver

Menggunakan screen saver merupakan salah satu cara dalam menjaga privacy seorang pengguna serta menghemat energi. Terutama bagi mereka yang bekerja di suatu perusahaan pastilah screen saver sangat berguna dalam menjaga privacy para karyawan ketika mereka meninggalkan komputer dalam keadaan menyala. Selain dilengkapi dengan password screen saver juga dilengkapi dengan tampilan yang menarik dan atraktif sehingga tidak membosankan para peniliknya.

Adakalanya si pengguna lupa akan password tersebut sehingga terpaksa mau tidak mau mereka tidak dapat masuk ke lingkungan kerjanya kembali. Sebenarnya Windows sudah memberikan option (pilihan) yang terletak di Display Properties pada tab Screen Saver (khususnya bagi pemakai Windows 9 8) dimana para pengguna dapat menghilangkan password dari screen saver dengan cara menghilangkan tanda centang di pilihan Password.

Namun sungguh sangat disayangkan jika jendela tersebut tidak dapat diakses oleh para pengguna karena diproteksi oleh Administrator, sehingga para pengguna tidak dapat merubah ataupun menghilangkan password dari screen saver yang telah mereka buat. Pada dasarnya ada satu cara praktis nan hemat memori yaitu dengan menggunakan bantuan JavaScript sehingga password yang memproteksi screen saver dapat dihilangkan tanpa perlu membuka jendela Display Properties. Penasaran ingin mencobanya? Silahkan ikuti petunjuk-petunjuk berikut ini.

Trik yang satu ini pernah dimuat di Tabloid PCplus pada edisi 282 (1-14 Mei 2007) melalui rubrik trik.
DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
prasdikatama-passwordscreensaver.zip

Tips Memblokir Drive pada Windows XP

Masalah keamanan adalah masalah yang sering dihadapi oleh pengguna komputer. Banyak para pengguna computer yang kesal karena data miliknya hilang di curi orang . Oleh sebab itu, saya di dalam artikel ini akan memberikan solusi bagi masalah tersebut. Cara ini saya dapatkan setelah saya mengutak sistem computer selama 3 bulan terutama Registry dan Policy sampai sampai system computer saya kacau balau. Dan akhirnya berhasil saya temukan cara yang cukup ampuh untuk menjaga data pribadi saya. Mudah mudahan dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):

aulia-blokirdrivedixp.जिप



Semua isi blog ini bersumber dari http://dolfis.wordpress.com/tutorial/tips-trik/

Tidak ada komentar: